Rabu, 21 Agustus 2013

Perbedaan D3 dan S1

Apa perbedaan D3 dan S1
Kenapa menfavoritkan S1 ? Kenapa banyak yang gengsi di D3?


D3 atau S1?
D3 atau S1?
Nah, kali ini saya akan memberi tau alasannya. Ini dia perbedaannya dan jawabannya :

1. Masa kuliah

  • Untuk program study D3 harus menempuh 112 SKS dan akan diselesaikan dalam waktu 3 tahun, gelar yang didapatkan adalah A.Md (Ahli Madya), sedangkan
  • Untuk program study S1 harus menempuh sekitar 164 SKS dan akan diselesaikan paling cepat 3 setengah tahun , gelar yang didapat adalah S.* ( * tergantung dengan jurusannya)
Sudah tahu satu perbedaan dari pernyataan diatas? Untuk D3 harus selesai dalam 3 tahun, sedangkan untuk S1 jika Anda seseorang yang ulet dan tekun dapat menyelesaikannya dalam 3 setengah tahun , hanya setengah tahun sudah mendapat gelar sarjana dan jika ingin melanjut lagi sudah bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan pada S1 tadi. Jika dari D3 ingin melanjut lagi ke jenjang S1 harus kuliah lagi selama 1-2 tahun. Memakan waktu yang sangat lama kan hanya untuk masuk ke S1

2. Materi

 
Dalam materi yang diberikan maka dapat kita lihat perbadingan antara teori dan praktik

  • Untuk D3 akan diberikan 75% praktik dan 25% teori
  • Untuk S1 akan diberikan 50% praktik dan 50% teori
Dari hal ini kita dapat melihat kalau D3 hanya disiapkan untuk menjadi pekerja dilapangan sedangkan untuk S1 disiapkan bisa menjadi pekerja dan bisa jadi pemimpin. Sangat sedikit lulusan D3 yang mampu menjadi pemimpin.

3. Peluang Kerja

Untuk peluang kerja D3 harus bersaing ketat dengan lulusan S1, dan biasanya S1 lebih
Didahulukan karena pertimbangan akan materi yang didapat tadi.

4. Faktor dan lainnya

  • Untuk D3 masih jarang pada PTN/S meskipun ada tapi masih sedikit , banyak dimiliki oleh lembaga pendidikan profesi sedangkan S1 banyak dimiliki oleh PTN
  • Jika D3 dan S1 berada pada PTN maka yang mendapat kesempatan untuk peluang terbesar untuk berkreasi di kampus adalah S1, misalnya saja di USU , yang berkesempatan mendapatkan beasiswa dari kampus hanyalah yang kuliah di jenjang S1.
  • Ini adalah penyataan krusial sebenarnya tapi akan saya tuliskan. Untuk lulusan D3 karena hanya disiapkan menjadi pekerja maka akan terlihat mereka-mereka ini kurang dalam jiwa kepemimpinan(karena 75% praktek) , kurang dididik untuk berbicara pada umumnya. Sedangkan untuk S1 akan dilahirkan lulusan-lulusan yang mempunyai jiwa pemimpin yang lebih baik, pembicara yang bisa diandalkan baik dalam memimpin , memberikan saran dan motivasi maupun dalam memberikan kritik.
Sekarang tergantung Anda, dan tergantung seberapa gigih Anda dalam menjalani studi Anda, akan tetapi faktor-faktor diatas akan sangat berpengaruh.

Sumber : SMA N 1 Lintongnihuta

6 komentar:

  1. D3 teknik Itu engineering.
    D3 itu anak Teknik.
    D3 Lebih mengutamakan skill di lapangan.
    memang, kalau teori kita cuma sekitar 25 -40%.
    bukan karena anak D3 tidak mampu menguasai seluruh teori. tetapi anak d3 Hanya di beri waktu 2.5 atau 3 tahun. Jadi anak d3 harus dipaksa selama 3 tahun untuk menguasai semua Teori dan materi JURUSAN TEKNIK nya. Dengan waktu yg singKat anak D3 harus memilih dan melompati sebagian teori, sehingga sebagian teori tidak dapat dipelajari oleh mahasiswa D3.
    Menurut saya, seperti di Jurusan Teknik Sipil/Department Teknik Sipil.

    D3 sebagai pengawas lapangan. Mengontrol Segala kejadian di lapangan dan mengantisipasi kesalahan atau efek buruk yang akan terjadi di lapangan maupun di Proyeknya sehingga anak D3 Bertanggung jawab besar dengan apa yang terjadi dilapangan.
    anak D3, Kerjanya banyak tapi Honornya Kecil
    # nasib Engineering

    sedangkan s1 sebagai orang dibelakang layar. Sebagai Perencanaan Pekerjaan.
    Menghitung RAB ( Rancangan Anggaran Biaya) ataupun lainnya.

    jadi Yang lebih baiknya, Selesai dari D3 sebaiknya Melanjutkan di S1. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau dari D3 nyambung ke S1, ilmunya lebih tinggi dari yang memang S1 sari awalnya walaupun di butuhkan waktu yang lama, bukan begitu bang?
      Terima kasih atas tambahan & kunjungan bg :)

      Hapus
  2. Menurutku pribadi kembali lagi ke orangnya. Masalah kepemimpinan itu ada dua sih menurutku. Ada sejak lahir atau dibentuk. Ini yang selalu jadi perdebatan bukan? Ga menjamin juga buat mereka yg di S1 lebih dalam hal kepemimpinan kalau mengacu kepada pemimpin dilahirkan atau dibentuk. Sekian. Terima kasih.


    -Anonim

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar juga apa yang anda katakan, tapi ya istilahnya, yang di S1 kepemimpinannya lebih di asah daripada di D3.
      Tapi, ya seperti kata anda, tetap kembali ke pribadi masing-masing.
      terima kasih atas masukan & kunjungannya

      Hapus
  3. Terima Kasih telah bekunjung ke Blog, www.Permatasumut.blogspot.com di tunggu trip nya ya bang Sinaga
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung balik, salam kenal juga :)

      Hapus

Silahkan berkomentar di bawah ini dengan sopan dan menjaga SARA, menerima saran maupun kritikan, terima kasih atas komentar dan kunjungannya

Follow by Email