Senin, 29 Juli 2013

Pengalaman Masuk Ke POLMED

Apa kabar sobat n7naga? Udah lama gak posting nih karena sibuk ngurus pendaftaran kuliah, haha.
Oke, kali ini saya mau sharing tentang pengalaman ikut Test UMPN(Ujian Masuk Politeknik Negeri) Politeknik Negeri Medan atau yang sering disebut dengan POLMED.
https://fbcdn-profile-a.akamaihd.net/hprofile-ak-ash3/50500_101698074777_7527282_n.jpg
Logo POLMED

Motivasi ku sebenarnya untuk masuk ke POLMED ini karena dorongan Orang Tua, karena banyak orang yangg mengatakan bahwa POLMED menghasilkan SDM yang bagus, yang banyak di cari oleh perusahaan besar.

Untuk tahun 2013 ini, Polmed membuka penerimaan mahasiswa baru sebanyak 2 Gelombang.
Gelombang pertama lintas politeknik, gelombang kedua khusus politeknik negeri medan, D3, kelas khusus polmed & D IV.
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/996182_4746306109621_1977518242_n.jpg
Gedung Z Polmed
Biaya pendaftaran polmed tahun 2013, 140 ribu untuk IPA & IPS, dan 150 ribu untuk IPC. IPA & IPS bisa memilih 2 pilihan, sedangkan IPC 3 pilihan.

Kemarin saya ikut UMPN Polmed 2013 pada Gelombang I, yang testnya di adakan pada tanggal 8 juni 2013. Saya memilih Teknik Sipil Sore sebagai pilihan pertama, & Teknik Telekomunikasi Pagi dipilihan kedua.

UMPN Polmed tahun ini teriri dari 25 soal matematika, 25 soal fisika, 15 soal B. Indonesia, dan 15 soal B. Inggris. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan 80 soal ini adalah 2 jam atau 120 menit, hmm cukup banyak waktunya kan? Gak kayak SBMPTN, kepepet.
Untuk sistem penilaian, benar = 4, salah = -1, kosong = 0. Jadi, jangan asal isi biar gak minus haha.

Berikut tips untuk test tertulis Polmed :
  • Perbanyak Doa
  • Jaga kesehatan
  • Perbanyak membahas soal
Waktu test kemarin, menurut saya sih soal nya lumayan mudah bagi yg pintar, haha.
Kemarin matematika saya jawab 80%, B. Indonesia & B. Inggris 100%, dan berhubung saya gak pintar fisika, fisikanya Cuma saya jawab 2 soal, itupun soalnya cuma pakai logika, haha untuk menghindari nilai mati(siapa tau ada).
http://www.medanmagazine.com/wp-content/uploads/2012/05/IMG03911-20120530-1538.jpg
Polmed
Deg-degan sih nunggu pengumumannya karena fisikanya cuma ku isi 2 soal. tapi alangkah terkejutnya saya ketika melihat hasil pengumumuman polmed, Puji Tuhan saya lulus di Teknik Sipil Polmed. Syukurr...

Tapi kebahagiaan saya hanya sesaat, karena waktu daftar awal, ternyata ada tes kesehatan. Dan kata senior disitu, pada tes kesehatan polmed ini ada juga yg gugur. Saya sangat takut tes kesehatan ini karena minus mata saya sudah cukup tinggi, yakni – 4(wow).

Biaya tes kesehatan polmed Rp. 200.000,- di bayar ketika daftar awal.
Tes kesehatan dilakukan di Makesdam  I/BB Gaperta Medan, pada tanggal 22 juni 2013. Jadi yang melakukan pemeriksaan disana dokter dari pihak tentara. Awalnya sih takut karena yg meriksa dokter khusus tentara, tapi tentara & dokternya ramah-ramah & suka melawak kok :D

Tes kesehatan polmed meliputi :
  • Pengukuran tinggi & berat badan
  • Tes Urine
  • Tes buta warna & minus
  • Cek tekanan darah/tensi
  • Periksa Mulut/Kondisi gigi
  • Periksa THT
  • dan test lain-lain yang cukup bikin greget :D 
Wahh tes kesehatannya seruu bro! bisa kenalan dengan kawan-kawan dari prodi lain :D

Nah, berikut tips untuk mengikuti tes kesehatan polmed :
  • Jaga kesehatan menjelang tes kesehatan
  • Jangan makan makanan yg pedas & berminyak menjelang tes kesehatan
  • Banyak Istirahat & minum air putih, jangan pulak minum tuak!

Secara keseluruhan biaya yang saya habiskan untuk polmed ini sekitar 3,6 juta rupiah, belum termasuk spp saya 2,6juta/semester[mahal ya (-_-)] dengan rincian biaya :
Pendaftaran Awal, 145rb
Tes Kesehatan, 200rb
Perlengkapan kuliah(almamater, perpus, baju kerja, lisensi microsoft) 2,2 Juta (habislah uang bapak saya)
dan sekarang, saya tinggal menanti masa P2MB atau ospek yang katanya akan dilakukan oleh Brimob.

ya mungkin hanya ini pengalaman yang bisa saya bagi, kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar :)

*note Jika ada yang ingin bertanya silahkan kirim pesan ke akun Facebook saya atau via email nicko_7naga@ymail.com, dikarenakan kesibukan sehingga jarang update blog, terimakasih.

338 komentar:

  1. selamat pra..
    mantap nih, artikel hasil tulisan sendiri.
    sukses blog nya, dan sukses jg kuliahnya.

    mampir juga ya ke blog ku
    www.leonardberbagi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pra atas kunjungannya,
      segera meluncur ke TKP

      Hapus
  2. mas, saya tadi tes kesehatan juga untuk masuk POLMED, dan telinga kiri saya ada kelainan(serumen), peluang saya untuk lulus masi ada ga mas ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau serumen itu apa ya?
      bukankah serumen itu kotoran telinga? (saya lihat google)
      sebenarnya tergantung prodi & tingkat keparahannya.
      kalau menurut saya sih, kalau sekedar kotoran telinga sih gak masalah.
      kalau seandainya cukup parah & gak bisa di terima di prodi tsb, katanya akan ada pengalihan jurusan.
      misalnya kalau dari teknik, di alihkan ke tata niaga.
      yang fatal itu yang pakai narkoba, langsung di tolak.
      itu setau saya

      Hapus
  3. saya mau bertanya, waktu bayar spp semester 1 ke gedung serbaguna bukan? dan tanggal berapa ya. boleh saya tau??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, tap untuk gelombang berapa ya?
      Saya gel. 1 kemarin bayar spp tgl 29 Juli
      jadi untuk gel. 1, kalau tidak salah pembayaran spp mulai tgl 26 - 30 Juli

      Hapus
  4. kak posting soal polmed tahun lalu dong.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, ada 80 soal loh dek, bisa keriting tangan abg ngetiknya :D

      Hapus
  5. mas nico kalau tinggi badan , sama berat badan brapa di minta mas,,
    soal ny badan aku kecil mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak ada batasan untuk tinggi badan, soalnya banyak juga kok yang badannya kecil yg masuk polmed

      Hapus
  6. Bg, share contoh soal ujian masuknya dong
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,gimana cara ngeshare nya? bisa keriting lah jari abg ngetiknya :D

      Hapus
    2. Lebih susah mana Bg? Soal ujian masuk polmed atau soal SBMPTN?
      :D

      Hapus
    3. jauh, jauh lebih susah SBMPTN,
      UMPN Polmed agak lumayan gampang kok soalnya :)

      Hapus
  7. bang uang pembanguna nya brapa ya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada uang pembangunan, karena POLMED sudah menerapkan sistem UKT

      Hapus
  8. Sistem penilaian sama dengan sbmptn ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,
      Untuk sistem penilaian, benar = 4, salah = -1, kosong = 0
      sama seperti SBMPTN

      Hapus
  9. Pilihan ipc tahun ini tetap 3 pilihan ,atau sama kyk ipa/ips yg 2 pilihan?

    BalasHapus
  10. bang, kalau boleh tau soal M.M polmed tahun semalam tentang apa yah bang...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, Matematika dasar, logaritma, turunan, intinya yg di pelajari di SMA, mulai kelas 1 sampai kelas 3,
      gak terlalu sulit kok, pelajari aja lagi pelajaran yg dulu

      Hapus
  11. mas, minus masih 2 aman kan mas? tapi soal kesehatan gigik aduuh, graham ompong kanan kiri dan pake gigi palsu utk gigi depan itu gimana kira kira mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minus 2 sepertinya gapapa, saya aja minus 4, bahkan lebih, di terima kok di Teknik Sipil..
      tapi kalau di jurusan lain saya kurang tahu, tapi banyak juga kok yg make kacamata di jurusan lain
      untuk kesehatan mulut sepertinya gak masalah, sekedar periksa aja

      Hapus
  12. balasnya send message aja bisa mas, dr fb aja ya?
    https://www.facebook.com/dimas.nugraha.3910?ref=tn_tnmn

    BalasHapus
  13. kalo yang masuk jalur undangan,, uang kuliahnya biasanya berapa, adm bisnis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk uang kuliah, polmed sudah menerapkan sistem UKT,
      bisa di lihat di : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/node/1372
      atau direct link : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Lampiran_Permen_UKT.pdf

      Hapus
  14. kalau jawabnya tidak terlalu banyak ada kemungkinan bisa lulus gak mas? soalnya saya tidak telalu pandai fisika dan matematika

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah baca semua isi postingan saya?
      saya cuma jawab 2 soal fisika, itupun asal2an, dan cuma benar 1 soal..
      dan untuk mata pelajaran lainnya saya bisa jawab 80%
      tapi Puji Tuhan saya di terima juga
      karena kita sama2 tahu kalau di Teknik, matematika & fisika nya harus kuat

      Hapus
  15. bro ujian tesnya pke soal ujian nasional sma kmaren?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak lah bro, polmed kan punya soal sendiri

      Hapus
  16. Bg, Aku tamatan 2014 , saya pengen x masuk Polmed , apa aja materi Ujian nya
    Aku marga Sinaga nya bg,
    mohon balasan nya bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mata pelajaran yg di ujiankan Mateamatika, Fisika, B. Indonesia, & Bahasa Inggris..
      untuk materi, ya semua yg di pelajari di SMA, mulai dari kelas X sampai tamat

      Hapus
    2. masalah nya bg, aku Lulusan SMK
      jadi teori nya jauh beda sama SMA
      gimana ngatasi nya bg ?

      Hapus
    3. SMK jurusan apa?
      kan di SMK ada juga Matematikanya kan?

      Hapus
  17. bg qu ikut PMP polmed dan skrg qu udh msuk
    tes kesehatannya itu sama seperti tes kesehatan masuk polwan apa gk ya bg????
    mohon bantuannya ya bg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, masalahnya abg gak pernah & gak tau bagaimana sistem tes kesehatan polwan :3
      pada postingan di atas kan udah abg jelaskan apa2 aja yg di tes, paling tes "lain-lain" nya yg gak abg jelaskan disini :v

      Hapus
  18. Selvi A ginting12 Juni 2014 11.08

    Bg aku tamatan 2014.mau tanya
    pilihan I lebih rendah PG nya dari Pilihan II, bermasalah gk bang unk masuk polmed? Dan soal unk Jurusan IPS,IPA, IPC itu sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah kok,
      abg pun dulu kayak gitu krn salah klik, udah kepepet pulaknya :D
      kalau udah kayak gitu kondisinya, maka kemungkina besar kalau nilai mencukupi, ya adek lulus di pilihan pertama

      Hapus
    2. emang PG nya ada ya bang?? kalo ada itu gimana bang??

      dan kalo jur.ips soal2 nya ada berapa ya bang?? apa 80 soal sama dgn jur. ipa juga??

      Hapus
  19. bang, waktu ujiannya ada persyaratan pakaian kita gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat abg sih pakaian warnanya bebas, yg penting sopan,
      pakai kemeja, sepatu..
      tapi saran sih, kalau bisa pakai kemeja putih & keper hitam aja, sekedar antisipasi :)
      soalnya dulu walaupun abg pakai baju bebas, tapi tetap abg sediakan hitam-putih di tas, siapa tau wajib pakai hitam putih kan :D
      soalnya kemarin banyak juga yg make hitam-putih

      Hapus
  20. kalo soal POLMED sama ga ya sama soal PNJ
    saya mau test UMPN PNJ besok ..
    cuma apa soal UMPN tahun kemarin bisa dijadikan acuan buat acuan ?
    Mohon Pencerahannya ..
    karena saya ga termasuk pinter. hehe

    BalasHapus
  21. lae,
    say mau nanya.

    kalo gel 2 itu kuotanya lebih sedikit ya daripada gel 1???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tahun lalu sih, lebih banyak kuota gel. 2 daripada gel. 1

      Hapus
  22. Charlos Ryandi Simamora18 Juni 2014 18.43

    kan ada kerjasama dgn PT PLN.
    Yang mau saya tanya,apakah harus jurusan yang mengarah ke situ agar bisa mengikuti kerjasama tersebut????
    thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjasama dengan PLN?
      maaf, saya kurang paham dengan pertanyaan anda, coba tanya pada pihak Polmednya langsung

      Hapus
  23. bg,soal thun lalu d fotoin aj,lalu d posting deh,,, trus apa perbedaan gel.1 n 2 bg...? apa ung uktny beda...? trus kpn pendftrn gel.2 d buka bg...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ribet kalau harus di foto dek, takutnya gak jelas..
      kalau mau soal2 datang aja ke polmed, abg Jurusan Teknik Sipil..
      sebenarnya gak ada perbedaan, sama saja, daya tampung gel. 2 lebih besar, dan tentunya yg daftar lebih banyak juga :D

      Pendaftaran Ujian Gel. II
      7 Juli s.d 21 Juli 2014
      Batas Akhir Pendaftaran
      21 Juli 2014 pukul 23.59 WIB
      Batas Akhir Pembayaran
      21 Juli 2014
      Cetak Kartu Ujian
      24 Juli s.d 6 Agustus 2014
      Pelaksanaan Ujian
      7 Agustus 2014
      Pengumuman Ujian Gel. II
      14 Agustus 2014

      Hapus
  24. bang saya kan lulus UMPN gelombang I tahun 2014 ini tapi badan saya kurus kali apa kemungkinan bisa lulus tes kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak daftar ulang di polmed yg lulus umpn gel.1 tgl 23
      -25 ato tgl 21 juni kkak

      Hapus
    2. ka, boleh minta soal polmedny yg gel.1..? d fotoin aj ka, trus kirim mel.email... tolong yh kk..

      Hapus
    3. sepertinya badan kurus gak ada masalah kok dek, asal gak punya penyakit yang berbahaya, terutama HIV/AIDS, mengkonsumsi narkotika, & *buta warna..
      *untuk jurusan tertentu

      Hapus
    4. Tanggal 23-25 Juni
      TATA CARA DAFTAR AWAL GEL 1 2014 bisa di download disini : http://www.polmed.ac.id/newpolmed/wp-content/uploads/2014/06/TATA-CARA-DAFTAR-AWAL-GEL-1-2014.pdf

      Hapus
  25. kak saya kan lulus umpn 2014.trus persyratan daftar awalnya di suruh bawak fotokopi KARTU KELUARGA.kalok gk bwak ada masalh gk itu kak?soalnya KK saya lagi dalam pengurusan.
    trus cara liat ukt kita gmna caranya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Kartu Keluarga yang lama?
      kalau gak ada, coba datang, trus konsultasikan kepada petugas penerimaan mahasiswa baru, siapa tau kamu di beri keringanan & di perbolehkan menyerahkan fotocopy kartu keluarganya menyusul, setelah selesai...
      untuk UKT, nanti di beritahukan setelah lulus semua tes,
      nanti ada jadwal bayar UKT, disitu di beritahukan berapa UKTnya

      Hapus
  26. bang katanya tes kesehatan itu kita di bugilin y bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahloh, wkwk
      ya gak sampai bugil lah, susah untuk di jelaskan, rasakan aja nanti :D

      Hapus
    2. hal inilah yang saya takutkan -_-

      Hapus
  27. kak kn barusan udh liat link ikt kak.cma kn ada di buar kl.1.ampek 4.
    itu gmna bedainnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu tergantung dari kondisi ekonomi si mahasiswa..
      jadi yg ekonominya kurang, bisa dapat kelompok 1, UKT nya kecil..
      nah kalau kondisi ekonomi si Mahasiswa berkecukupan, ya bisa dapat UKT yg agak tinggi..
      tapi itu hanya berlaku untuk kelas pagi,
      karena kelas sore, menurut pengalaman abg, di golongkan ke kelas non reguler, jadi UKTnya cukup mahal

      Hapus
  28. Bg kalau tes kesehatan lain-lain itu apa bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan di bahas disini, terlalu frontal nanti :D

      Hapus
  29. kalau gagal gelombang satu , bisa ikut lagi g gelombang dua?

    BalasHapus
  30. Bang, di Gelombang yang Ke-2 ini, apa bisa yah didaftar lewat Kap dan Pin BIDIK MISI?

    Soalnya gak punya uang nih bang untuk bayar 140.000.

    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bidik Misi polmed?
      wah kalau itu abg kurang tau, coba tanya langsung ke bagian adm Polmed ya :)

      Hapus
  31. Bg saya juga lulus polmed jurusan teknik sipil sore angkatan 2014, ini tinggal tes kesehatan, kira kira susah gak nanti tes kesehatannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, junior abg ini :D
      ini kan tes kesehatan, bukan tes kebugaran, jadi gak susah kok, tinggal ikuti prosedur aja

      Hapus
    2. Ha ha iya nih, soalnya agak takut gimana gitu kalo tes kesehatan, takut takutnya udah sampai tahap sini gagal lagi :(

      Hapus
    3. haha sama kita dulu dek, abg pun lebih takut menghadapi tes kesehatan daripada tes tertulis, rasanya lebih greget :D
      tapi tenang aja, selama bebas dari Narkotika amannya itu

      Hapus
    4. Oke makasih bang, oh iya mau nanyak satu lagi ini, itu sumbangan mutu pendidikan harua diisi berapa YA? Soalnya gak ada penjelasaanya cuman 2 jt sampe 3 jt ke atas aja, abg kemarin ngisi berapa

      Hapus
    5. sumbangan mutu pendidikan?
      pas abg daftar, formulir sumbangan mutu pendidikan di tiadakan karena sudah menggunakan sistem UKT, coba tanya kan lagi pada petugas penerimaan mahasiswa barunya

      Hapus
    6. Tapi disni kok kwitansi sumbangan mutu pendidikan juga di satukan sama biaya yg lainnya ya? Oke makasih bang :)

      Hapus
    7. dulu, banyak juga yg dapat kwitansi sumbangan mutu pendidikan itu *tapi abg gak dapat..
      setelah di tanya ke panitia, itu gak di pakai lagi

      Hapus
    8. Oh makasih banyak atas info nya maaf saya kebanyakan nanya maklum calon mahasiswa baru, jadi banyak tanya :)

      Hapus
    9. oke sama2 :)
      haha iya gapapa, abg pun dulu gitu kok :v

      Hapus
  32. Bg, mau nanya , ada gak perbedaan soal MM IPA dgn MM IPS ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sama, karena matematika dasar

      Hapus
  33. kak soal yg diujiankan nanti apa aja kak? TKPA nya ada gak kak? TKD saintek nya berapa soal kak? mohon bantuannya ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 80 soal
      IPA : Matematika, Fisika, B. Inggris, B. Indonesia
      IPS : Matematika, B. Inggris, B. indonesia, dan pelajaran IPS lainnya, sayang kurang tau apa pastinya..
      tidak ada TPA

      Hapus
  34. kak di polmed yg jurusan ipa dan ips apa aja kak?

    BalasHapus
    Balasan

    1. Teknik Mesin
      Teknik Konversi Energi
      Teknik Sipil
      Teknik Listrik
      Teknik Elektronika
      Teknik Telekomunikasi
      Teknik Komputer
      Manajemen Informatika
      Perbankan dan Keuangan
      Akuntansi
      Administrasi Bisnis

      Manajemen Rekayasa dan Konstruksi Gedung
      Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan
      Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran
      Akuntansi
      Keuangan dan Perbankan Syariah
      Manajemen Bisnis

      Hapus
  35. Bang, kalo username sama password yang dikasih untuk Registrasi Online mahasiswa baru di pendaftaran.polmed.ac.id/portal/ SALAH, di laporkan kemana bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lapor ke bagian Administrasi Polmed, di Ged. Z Polmed, Pintu 3 USU

      Hapus
  36. Bang kalo jurusan ips bahan ujian nya apa aj ya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ekonomi,akuntansi,matematika,b.inggris,dan b.indonesia gan

      Hapus
  37. mas, tahun ini buka pendaftaran d4 gak?
    tolong jawab ya maas, makasiiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka, setiap tahun memang buka kok..
      tapi saya kurang tau apakah pendaftaran D4 juga tersedia pada gel. 2 atau tidak

      Hapus
  38. Bang saya tamatan ipa, saya bisa milih bebas jurusan?
    Misalnya saya milih jurusan perbankan,akutansi bisa gk bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bg klo bole tau kuota gel 2 ni di trima brp org bg?
      Klo bg tau.

      Hapus
  39. bang mau tanya. saya lagi daftar. tapi saya bingung, pengisian nilai ujian nasionalnya itu jumlah dari nilai ujian nasionalnya murni atau nilai rata-ratanya?
    balas ya bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai
      un murni, bg? maksudnya ditotalkan semua? bukan rata2nya ya, bg? saya
      udah daptar, saya isi rata2 nilai UN :( gimana donk. Saya ikut gel 3.

      Hapus
  40. gan.
    emang apa perbedaan dari orang yg di perkuliahan di universitas(usu) dengan politeknik ini,jika kita lihat dari segi peluang perkerjaannya?

    dan apa keunggulan/hal positif dari politeknik ini? (selain peluang kerjanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilihat di postingan saya yg berjudul Perbedaan D3 & S1
      http://n7naga.blogspot.com/2013/08/perbedaan-d3-dan-s1.html

      Hapus
  41. kak, emg gk bisa ya ngambil jurusan ips kalo kita dari jurusan ipa? soalnya pendftrnnya gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi pilih kelompok ujian IPC

      Hapus
  42. bang kalau passing grade nya itu gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada passing grade di Polmed, sistemnya siapa yg masuk golongan nilai tertinggi, itu yg di terima.
      jadi sistem ranking

      Hapus
  43. Bg bisa disebut in rincian uang kuliahny ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk uang kuliah, polmed sudah menerapkan sistem UKT,
      bisa di lihat di : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/node/1372
      atau direct link : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Lampiran_Permen_UKT.pdf

      Hapus
  44. Bang mau nanyak. Kalo marganya di singkat waktu pendaftaran boleh ga bg? Soalnya udh terlanjur verifikasi :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok aku nggak bisa verifikasi ya? apa ada masa berlakunya no.registrasi sama pinnya?

      Hapus
    2. Sepertinya gak masalah, toh hanya pendaftaran

      Hapus
  45. Bang saya gak bisa verifikasi tulisannya eror404,pas di buka kembali ke home dia bang,tolong dibalas ya baaang,makasiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kemarin ada kesalahan teknis di website Polmed

      Hapus
  46. Bisa sebuti Rincian uang kuliah ny bg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk uang kuliah, polmed sudah menerapkan sistem UKT,
      bisa di lihat di : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/node/1372
      atau direct link : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Lampiran_Permen_UKT.pdf

      Hapus
  47. ang kan pilih teknik sipil sore, jadi abang kuliah nya sore ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, masuk jam 13.05, pulang jam 18.35
      tapi tergantung si Dosen juga sih

      Hapus
  48. kak soal gel1 n gel2 hampir mirip gk kak?susahan mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip sekali, paling cuma beda angka saja

      Hapus
    2. ok makasih ya kak, aku juga mau masuk t.sipil sore. doakan ya kak..

      Hapus
  49. bang lulus cadangan maksudnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lulus cadangan itu, maksudnya kalau ada calon mahasiswa yang sudah lulus bersih, tapi dia malah meninggalkan polmed karena di terima di tempat lain, maka yg lulus cadangan yg akan menggantikan posisi yang keluar tadi agar bangku yg di tinggalkannya tidak kosong

      Hapus
  50. Bang saya mau coba verifikasi, tapi website pendaftaran polmednya "404 Not Found" bang :( itu gimana? Apa ada masalah sama sistem dari polmednya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, aku juga gitu tadi :(

      Hapus
    2. Mau tnya buat temen yg td msh eror not found..udah bs blun yahh..soalny ampe skrg msh gt..pdhl bts daftr nya ampe bsok...klo da solusi share donk

      Hapus
    3. mungkin ada kesalahan teknis atau overload, coba tanya langsung ke bagian Administrasi Polmed di Ged Z polmed, pintu 3 USU

      Hapus
  51. gan, soal matemtkanya pa ja? Da lmit? Trunan? Ato pa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, semua yg di pelajari di SMA dulu masuk, tapi gak terlalu sulit

      Hapus
  52. Hayy all...buat temen yg kmren ad eror 404 not found..bg dunk solusinya..klau ad...soalnya ampe skrg msh gtu...soalnya tgal bsok kan...thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada kesalahan teknis atau overload, coba tanya langsung ke bagian Administrasi Polmed di Ged Z polmed, pintu 3 USU

      Hapus
  53. Nitip link.
    http://perangkat-lunak14.blogspot.com/

    BalasHapus
  54. Bang, itu test polmed ada paket2nya ga? atau semua calon mendapat soal yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak salah ada 2 paket, tapi soalnya sama, cuma di acak :D

      Hapus
  55. bg, saya liat di website polmednya pendaftaran gel 2 dari tgl 7 juli - 24 juli

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sepertinya di perpanjang sampai hari ini

      Hapus
  56. bang mana yang lebih susah soal polmed gel.1 atau gel.2?

    BalasHapus
  57. bang saya takut di fisikanya. saya sama sekali gak suka fisika(ada beberapa yg suka sih bang), saran nya dong bang????

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahloh, saya sama sekali gak suka fisika :D
      kemarin aja cuma jawab 2 dari 25 soal, itupun asal2an, dan Puji Tuhan lulus :v
      awalnya saya takut, karena gak pintar fisika, malah masuk teknik..
      tapi setelah di dalam, bisa di ikuti kok :)

      Hapus
    2. iya ya bang ya , semoga aja saya jebol ya bang, saya ngambil teknik sipil juga tapi yg pagi bang :D mohon do'anya baang!!

      Hapus
    3. oke, di tunggu kabar baiknya dek :D

      Hapus
  58. bang, komponen ujian untuk program ipa apa ya ?
    Kalau di SBMPTN kemarin kan ada MATDAS,TPA,FISIKA,DLL.

    Nah kalau untuk UMPN Polmed Medan Program Ipa apa saja ya ?
    Dan berbagi tips juga donk bang tips mengerjakan soal ?

    Oh iya sistem penilaian ya Benar +4 , salah -1 ya bang ?

    Pengen banget masuk polmed nih bang.
    jalur terakhir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fisika, Matematika, B. Indonesia, B. Inggris
      iya, sistem penilaiannya seperti itu..
      apa? pilihan terakhir? haha :D
      kalau motivasi masuk ke polmed karena pilihan terakhir mending jangan masuk, nanti nyesal, terutama kalau masuk Teknik..
      karena justru polmed jauh lebih keras dalam disiplin daripada universitas

      Hapus
  59. bang, saya kemarin lulus cadangan dipolmed gel1 tahap selanjutnya yang harus saya ikuti apaya? apa saya harus menunggu panggilan dari polmednya atau ada tes yang harus saya ikuti? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ada daftar ulang untuk yg lulus cadangan, tapi tergantung dari jumlah kuota yg di butuhkan, siapa cepat dia dapat

      Hapus
  60. bg,kalau tentang ujian ipsnya gimana bg??
    masih ips dasarnya itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya iya, tapi saya kurang tahu pastinya

      Hapus
  61. katanya tes kesehatannya itu sistem militer ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes kesehatan, bukan tes kebugaran/fisik, jadi sama aja dengan tes kesehatan di tempat lain walaupun lokasi tes di wilayah militer

      Hapus
  62. Bg,
    aku mau tnya deh. Kalo tes kesehatan ny it, kita sndri2 atau rame2?.
    Dan emg iy y bg, kita d surh bka bju ya bg. Mksh. Tlong d blas y bg.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rame2 kok, buka baju? rasakan aja nanti :D

      Hapus
  63. Bg, kalo misalny nanti waktu tes kesehatan nggk bsa dtang it gmana bg? Ap kita lngsung d nyatakan gugur bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti dianggap gak lulus, dan di panggil ke ged. Z, trus mungkin di tanya apa alasan & jalan keluarnya

      Hapus
  64. Bg kemarin kan aq dftar gelombg ke 2 polmed dan di nyatakn lulus cadangn,tpi bg kmarin waktu aq dftr aq slah masukkn nilai UN ny yg aq masukkn nilai rata2 bkn nilai UN murni. Menurut abg gmna? Ad kemungkinan lulus gk sich? Aku hrus ikut coba atau gk usah aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai UN itu gak masalah, karena cuma sekedar ajanya itu..
      gak di isipun gak masalah..
      nanti di form pendaftaran ulanng ada lagi kok di tanya nilau UNnya

      Hapus
  65. bang, kalau badannya gemuk bisa lulus tes kesehatan gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahloh, haha :D
      ya bisalah, apa urusan gemuk rupanya?
      asal kondisi kesehatannya bagus, ya gak masalah

      Hapus
  66. GMANA Y CARA LIAT PENGUMUMAN GEL 2 Y.... DARI TADI GK BISA2

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bisa kok, lihat aja di web polmed

      Hapus
  67. min,kuota teknik mesin polmed tahun 2013 berapa ya kalau digabungi semua pagi dan sore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, untuk itu cuma Polmed & jurusan yg tau

      Hapus
  68. Bang. Pas ospek gimana aja? Keras gak aturannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup tegas, melelahkan, tapi seru kok

      Hapus
  69. Bang, kalau mau melihat pengumuman tes kesehatan polmed gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di umumkan dari web polmed, atau bisa juga lihat langsung di polmed

      Hapus
  70. bg cara liat besarnya ukt gimana bg? katanya keluar tanggal 24, udh dicek tpi kok belum ada ya bg. apa ada cara lain selain login ke ukt ny?

    BalasHapus
  71. Bg apakah soal ujian jurusan mesin dgn teknik komputer sama? Tolong di bls bg,saya masih raba2 ttg umptn ini :D

    BalasHapus
  72. Bg apakah ada kuliah malam di polmed?

    BalasHapus
  73. Bang, kalau mau bayar uang registrasi yang ada di kasih kwitansi (slip pembayaran ) itu harus langsung bayar ke medan atau tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak, tapi lebih bagus bayar langsung di Polmed

      Hapus
  74. bang, tes buta warna polmed pake plate berapa ya ??

    yang pasti dan kemungkinannya.
    TX

    BalasHapus
  75. Bg, gel.3 ukt nya lebih mahal yaa?

    BalasHapus
  76. Bg p2mb nanti berkas yg mau di bawa apa aja, kok gak ada pemberitahuannya dri polmed jadwalnya juga belum ada, oh satu lagi seandainya kita mau pindah dri kelas siang ke kelas pagi bisa gak? Gimana caranya? Tolong ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkas gak ada, tapi nanti ada persiapan P2MB kok, nanti disitu di kasih tau apa2 aja yg harus di persiapkan untuk P2MB
      tunggu aja pengumuman dari web, biasanya P2MB itu seminggu sebelum aktif kuliah
      bisa, tapi di semester3 baru di perbolehkan pindah kelas

      Hapus
  77. Bg saya mau tanyaknprodi yang untuk ipa apa saja bg
    Terus kalok kita daftar jalur undangan dari sekolah ngambilnprodi dari ips itu boleh gk bg
    Oh iya administrasi bisnis itu prodi ips iya bg
    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. D3:
      Teknik Mesin
      Teknik Konversi Energi
      Teknik Sipil
      Teknik Listrik
      Teknik Elektronika
      Teknik Telekomunikasi
      Teknik Komputer
      Manajemen Informatika

      D4 :
      Manajemen Konstruksi
      Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, dan

      wah, kalau itu saya kurang tau dek..
      iya, AB itu prodi IPS :)

      Hapus
  78. bg kalau biaya /semesternya brapaan bg tahun 2015 bg teknik mesin D III jalur PMP bg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau uang kuliah itu pihak polmed sendiri yg menentukan, ergantung dari pendapatan orang tua, karena sudah menggunakan sistem UKT :)

      Hapus
  79. bg kpan polmed bkak pendaftaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pengumuman dek, tapi bisa di cek disini http://pendaftaran.polmed.ac.id/umpn/index.php/site/CaraMendaftar

      Hapus
  80. Pendaftaran kapan di buka bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada pengumuman dek, tapi bisa di cek disini http://pendaftaran.polmed.ac.id/umpn/index.php/site/CaraMendaftar

      Hapus
  81. Bang mau nayank. Nilai un murni abang /mapel ny berapa??
    Kalau ipc. Soal ny mencakup apa apa aja bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu privasi :D
      wah, untuk soal IPC abg kurang tau, nanti abg coba tanya sama kawan ya

      Hapus
  82. bang mau nanyak nih, di jurusan teknik sipil polmed perempuannya banyak keterima gk bg? trus pelajarannya susah2gk bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, banyak kali pun dek :D
      bahkan hampir imbang perempuan & laki2 di Teknik Sipil Polmed..
      kalau pelajaran susah sih relatif, ada yg susah ada yg enggak, walaupun banyakan yg susah :D

      Hapus
    2. bg banyak yg bilang kalok polmed itu wisuda setiap tahun ya bg?

      Hapus
    3. iya dek, kan setiap tahun ada yg lulus, kampus yg lain kan juga gitu kok

      Hapus
  83. Kpn buka pendaftaran nya bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah buka dek

      Pendaftaran Gelombang 1
      11 Mei s.d 8 Juni 2015
      Batas Pembayaran ke Bank
      8 Juni 2015 pukul 16.00 WIB
      Batas Pendaftaran ke Website
      8 Juni 2015 pukul 23.59 WIB
      Cetak Kartu Ujian
      10 s.d 13 Juni 2015
      Pelaksanaan Ujian
      13 Juni 2015
      Pengumuman Hasil Ujian
      24 Juni 2015

      Hapus
  84. bang, mau tanyak
    di polmed jurusan ipa apa aja ?
    dan jurusan ips nya apa aja ?
    di bedain ya bang
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPA :
      *D3
      Teknik Mesin
      Teknik Konversi Energi
      Teknik Sipil
      Teknik Listrik
      Teknik Elektronika
      Teknik Telekomunikasi
      Teknik Komputer
      Manajemen Informatika
      *D4

      Manajemen Rekayasa dan Konstruksi Gedung
      Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

      IPS :
      *D3
      Perbankan dan Keuangan
      Akuntansi
      Administrasi Bisnis
      *D4
      Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran
      Akuntansi
      Keuangan dan Perbankan Syariah
      Manajemen Bisnis

      Hapus

Silahkan berkomentar di bawah ini dengan sopan dan menjaga SARA, menerima saran maupun kritikan, terima kasih atas komentar dan kunjungannya

Follow by Email